Profil Konflik Kognitif Dengan Intervensi Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar

Setiawan HR, Iwan (2016) Profil Konflik Kognitif Dengan Intervensi Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
CHAPTER I.docx

Download (28kB)
[img] Text
CHAPTER V.docx

Download (22kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang profil konflik kognitif siswa dengan pemberian intervensi terhadap pemahaman konsep geometri bangun datar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan siswa yang mengalami konflik kognitif dengan sampel sebanyak 6 siswa kelas IX yang terdiri dari 5 orang siswa perempuan dan 1 orang siswa laki-laki. Untuk pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah soal tertulis dan wawancara. Setiap siswa selesai menyampaikan jawaban, akan diberikan informasi baru yang dapat memicu terjadinya konflik kognitif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Konflik kognitif pada sifat bangun datar terjadi dalam memahami konsep persegi dengan persegi panjang dan konsep belahketupat dengan persegi (2) Konflik kognitif untuk cara mencari luas bangun datar terjadi pada konsep mencari luas jajargenjang dengan persegi panjang dan konsep luas segitiga yang memiliki garis tinggi di dalam dengan luas segitiga yang memiliki garis tinggi di luar (3) Konflik kognitif terjadi pada konsep menghitung luas daerah suatu bangun datar yang telah dimodifikasi (4) Konflik kognitif terjadi pada pemahaman konsep hubungan antara luas dan keliling suatu bangun datar, siswa memahami bahwa suatu bangun datar yang mempunyai luas sama tetapi bentuk berbeda maka kelilingnya juga akan berbeda. Kata Kunci : Konflik kognitif, Intervensi, dan Geometri bangun datar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 May 2018 05:39
Last Modified: 11 May 2018 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8511

Actions (login required)

View Item View Item