Kemampuan mengungkapkan makna kelong siswa kelas VII SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa

Nurmaghfirah, Nurmaghfirah (2016) Kemampuan mengungkapkan makna kelong siswa kelas VII SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
NURMAGHFIRAH.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan mengungkapkan makna kelong siswa kelas VII SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa yang terdiri atas 13 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 541. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan terpilih kelas VII.K dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa dengan cara mengundi kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII.K SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa dikategorikan belum mampu dikarenakan jumlah siswa yang memperoleh nilai 75(Nilai KKM) ke atas tidak mencapai kriteria yang ditentukan yaitu 80%. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian ternyata siswa yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 2 siswa dengan persentase 5,71% dan yang memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 33 siswa dengan persentase 94,29%. Sesuai hasil penelitian, diajukan saran sebaiknya pembelajaran bahasa daerah perlu dipertahankan agar bahasa daerah tetap lestari karena merupakan kekayaan bangsa Indonesia terkhusus pembelajran tentang kelong Makassar. Kata kunci: Kemampuan mengungkapkan makna, kelong, dan bahasa Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2018 08:22
Last Modified: 09 May 2018 08:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item