Pengaruh Penerapan MetodePreview, Question, Read, Reflect, Recite and Review(PQ4R) Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar

Agusryana, Agusryana (2017) Pengaruh Penerapan MetodePreview, Question, Read, Reflect, Recite and Review(PQ4R) Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
3. ARTIKEL.docx

Download (40kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntuk(1)Memperolehgambaranpenerapan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) pada mata pelajaran Bahasa Indonesiasiswakelas V SD NegeriTamalanrea Kota Makassar.(2) memperolehgambaranminatbacasiswakelas V SD NegeriTamalanrea Kota Makassar sebelum dan sesudah penerapan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia(3) memperolehgambaranpengaruhpenerapanmetodePreview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap minatbacasiswakelas VSD NegeriTamalanrea Kota Makassar.Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Quasi Experimental Design (Eksperimensemu) dengan melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, dengandesainnonequivalent control group design. Variabelterikat dalam penelitian ini yaituminat baca siswa danvariabel bebasnya adalah penggunaan metode PQ4R.Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen lembar observasi dan angket sejumlah 21 pernyataan.Lembar observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaranmelaluipenggunaan metode PQ4R. Pada pertemuan pertama, pelaksanaan pembelajaran di luarruanganoleh gurumendapat persentase 64,29% dengan kategori cukup dan oleh murid 62,5% dengan kategoricukup, pertemuan kedua oleh guru mendapat persentase 75% kategori baik dan oleh murid 75% dengan kategoribaik, pertemuan ketiga oleh guru mendapat persentase 78,57% kategori sangat baik dan oleh murid 81,25% kategori sangat baik, dan pertemuan keempat oleh guru mendapat persentase 89,28% kategori sangat baik dan oleh murid 87,5% kategori sangat baik. Minat baca siswa dianalisis dengan menggunakan rumus t-test melalui bantuan SPSS 20.0 for Windows.Hasil ujihopitesisdiketahui adanyaperbedaantingkatminatbacaantarakelaseksperimendankelaskontrol yang signifikan, haltersebutditunjukkandarinilai t hitung> t table (5,138> 2,02439) sehinggadapatdisimpulkanbahwaadaperbedaan yang bermaknaantaratingkatminatbacakelaseksperimendengantingkatminatbacakelaskontrol. Kata kunci: Penerapan Metode PQ4R, Minat Baca.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2018 07:48
Last Modified: 09 May 2018 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item