Pengaruh Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Teknik Penskoran Terhadap Reliabilitas Soal Biologi Kelas X SMA Negeri Bulukumba

ZULMIATI, ZULMIATI (2017) Pengaruh Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Teknik Penskoran Terhadap Reliabilitas Soal Biologi Kelas X SMA Negeri Bulukumba. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (274kB) | Preview

Penelitian ini adalah Penelitian ex post facto yang bersifat komparatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk tes pilihan ganda dan teknik penskoran terhadap reliabilitas soal biologi kelas X SMA Negeri Bulukumba. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri Bulukumba tahun ajaran 2016/ 20017. Sedangkan populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 3 Bulukumba, SMA Negeri 4 Bulukumba dan SMA Negeri 11 Bulukumba. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Bulukumba, SMA Negeri 4 Bulukumba dan SMA Negeri 11 Bulukumba Kelas X semester genap (semester 2) yang totalnya sebanyak 475 siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dengan pengembalian (sampling with replacement). Instrumen yang digunakan adalah bentuk tes pilihan ganda biasa dan bentuk tes pilihan ganda asosiasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dengan penerapan model rerata sel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan reliabilitas soal biologi kelas X bentuk tes objektif pilihan ganda antara pilihan ganda biasa dengan pilihan ganda asosiasi (2) terdapat perbedaan reliabilitas soal biologi kelas X bentuk tes objektif pilihan ganda antara bentuk pilihan ganda yang menggunakan teknik penskoran tanpa koreksi dengan bentuk pilihan ganda yang menggunakan teknik penskoran penalty (3) tidak ada pengaruh interaksi antara bentuk tes objektif pilihan ganda dan teknik penskoran terhadap reliabilitas soal biologi kelas X (4) terdapat perbedaan reliabilitas soal biologi kelas X bentuk tes objektif pilihan ganda antara bentuk pilihan ganda biasa dengan bentuk pilihan ganda asosiasi menggunakan teknik penskoran tanpa koreksi (5) terdapat perbedaan reliabilitas soal biologi kelas X bentuk tes objektif pilihan ganda antara bentuk pilihan ganda biasa dengan bentuk pilihan ganda asosiasi menggunakan teknik penskoran penalti (6) terdapat perbedaan reliabilitas soal biologi kelas X bentuk tes objektif pilihan ganda antara yang menggunakan teknik penskoran tanpa koreksi dan teknik penskoran penalti untuk bentuk soal pilihan ganda biasa (7) terdapat perbedaan reliabilitas soal biologi kelas X bentuk tes objektif pilihan ganda antara yang menggunakan teknik penskoran tanpa koreksi dan teknik penskoran penalti untuk bentuk soal pilihan ganda asosiasi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2018 06:36
Last Modified: 09 May 2018 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8482

Actions (login required)

View Item View Item