Pengaruh Ukuran Font pada Pemahaman Membaca Siswa

NIKMAH, NURUL (2018) Pengaruh Ukuran Font pada Pemahaman Membaca Siswa. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTICLE.docx

Download (73kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ukuran font teks mempengaruhi pemahaman bacaan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 540 siswa. Sampel diambil secara acak, yaitu siswa kelas dua tahun akademik 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa di SMK Negeri 5 Makassar. Enam teks bacaan dengan ukuran huruf dan jenis huruf yang berbeda digunakan untuk menguji siswa. Jumlah kata dari setiap teks sekitar 300-350 kata. Teks bacaan terdiri dari 10 pertanyaan untuk mengetahui pemahaman membaca siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif pada program SPSS untuk windows 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memahami teks bacaan dengan menggunakan huruf 12pt, 14pt (TNR/Arial). Hal ini didukung oleh skor rata-rata pemahaman membaca siswa, dimana rata-rata skor huruf 12pt, 14pt (TNR/Arial) lebih tinggi dari pada huruf 10pt (TNR/Arial). Lebih lanjut nilai t-test dan t-tablemenunjukkan bahwa t-test lebih tinggi dari t-table (6.23, 6.62 (TNR), 5.09, 6.56 (Arial)>2,045).Hal tersebut mengindikasikan bahwa adanya perbedaan kinerja siswa padamembaca teks dengan menggunakanukuran huruf yang berbeda. Dengan kata lain, ukuran huruf mempengaruhi pemahaman membaca siswa Berdasarkan data di atas, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja siswa dalam membaca teks dengan menggunakan ukuran huruf yang berbeda. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar ukuran huruf pada teks, maka siswa akan semakin memahami isi teks.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2018 05:20
Last Modified: 09 May 2018 05:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8474

Actions (login required)

View Item View Item