Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Open-EndedTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Labuang Baji II Kota Makassar Tahun 2017

KUSUMAWATI, NURSYAMSI (2018) Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Open-EndedTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Labuang Baji II Kota Makassar Tahun 2017. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL NURSYAMSI KUSUMAWATI_15B14075_PENDIDIKAN DASAR.docx

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (i) memperoleh gambaran pelaksanaan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Labuang Baji II Kota Makassar, (ii) memperoleh gambaran hasil belajar siswa kelas V SDN Labuang Baji II Kota Makassar pada pembelajaran Matematika, (iii) memperoleh gambaran pengaruh pelaksanaan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Labuang Baji II Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi experiment desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Labuang Baji II yang berjumlah 45 dengan sampel 20 dari kelas VB sebagai kelas eksperimen dan 20 dari kelas VA sebagai kelas kontrol dengan teknik sampling purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) pelaksanaan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika sesuai dengan langkah-langkah pendekatan open-ended yang telah direncanakan yaitu menghadapkan siswa pada masalah (problem) terbuka dengan menekankan pada bagaimana siswa sampai pada sebuah solusi, membimbing siswa untuk menemukan pola dalam mengkonstruksi permasalahannya sendiri, membiarkan siswa memecahkan masalah dengan berbagai penyelesaian dan jawaban yang beragam, dan meminta siswa untuk menyajikan hasil temuannya pada umumnya terlaksana dengan baik, (ii) hasil belajar siswa kelas V SDN Labuang Baji II Kota Makassar pada pembelajaran Matematika sebelum pelaksanaan pendekatan open-ended berada pada kategori rendah, setelah pelaksanaan meningkat berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol berada pada kategori rendah, setelah pelaksanaan meningkat namun masih berada pada kategori rendah (iii) terdapat pengaruh pelaksanaan pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Labuang Baji II Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 May 2018 03:25
Last Modified: 09 May 2018 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item View Item