Pengaruh Penerapan Metode Problem Base E-Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa

Parwoto, Parwoto (2013) Pengaruh Penerapan Metode Problem Base E-Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 15 (1). pp. 32-40. ISSN 1411-2825

[img]
Preview
Text
Pengaruh Penerapan Metode Problem Base E-Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa.pdf

Download (27MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PEER REVIEWER EDUKASI VOL.15 NO.1 THN 2013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstrak .' f. ! h pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa elcl. i enerapan penerapan metode problem base e-leaming yang dikontrol oleh motivasi be/ajar mahasisiwa? P� eli ian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran problem base e-learning ditinjau dari motivasi be/ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekaian kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment. Desain penelitian ini menggunakan rancangan Factorial Group Design dengan dua kategori atau dikenal dengan desain faktorial 2 x 2. Dalam penelitian ini dilibatkan tiga variabel, yakni variabel bebas (metode pembelajaran Problem Base £-Learning), variable atribut adalah motivasi be/ajar, dan variabel terikat adalah kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa. Metode pengumpulan data dengan rating scale dan tes hasil be/ajar dan portofolio. Teknik analisis data digunakan statistik deskriptifdan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukhan: Terdapat pengaruh penerapan metode problem base e-learning dan motivasi be/ajar terhadap kemampuan berpikir ilmiah mahasiswa PGPA UD: (1) Kemampuan berpikir ifmiah bagi kelompok rnahasiswa yang mcngileuti metode pembelajaran problem base e-learning dengan pendekatan kolaboratif lebih tingg • dibandinglean dengan kemampuan berpikir ilmiah bagi kefompok mahasiswa yang mengikuti pendekatan belaja mandiri, (2) Kemampuan berpikir ilmiah bagi kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi be/ajar tinggi tidak lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir ilmiah bagi kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi bermain komputer rendah; (3) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran problem base e-learning dan motivasi be/ajar terhadap leemampuan berpikir ilmiah mahasiswa; (4) Mahasiswa yang memiliki motivasi be/ajar tinggi yang mengikuti metode pembelajaran problem base e-Iearning dengan pendekatan kolaboratifmemperoleh hasil kemampuar: berpikir ilmiah lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang rnengikuti pendekatan be/ajar mandiri,• dan (5/ Mahasiswa yang memililei motivasi belajar rendah yang mengikuti pendekatan be/ajar mandiri memperoleh hasii leemampuan berpikir ilmiah tidak lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti pendekatan be/ajar mandiri.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: S.Pd. M.Pd Muh. Ilham Bakhtiar Ilham
Date Deposited: 08 May 2018 05:32
Last Modified: 09 Jan 2019 01:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8461

Actions (login required)

View Item View Item