Penerapan Strategi Pembelajaran KWL (Know-Want-Learned) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Tunarungu Kelas VII Di SLB YPP Bajeng Raya Kabupaten Gowa Tahun 2017

AHMAD, ASRIANI (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran KWL (Know-Want-Learned) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Tunarungu Kelas VII Di SLB YPP Bajeng Raya Kabupaten Gowa Tahun 2017. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL, JURNAL TESIS ASRIANI AHMAD.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas VII. Penerapan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menyediakan lembaran panduan belajar untuk membantu siswa membaca dan mengurangi kesukaran dalam membaca pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Researchdengan desain A (Baseline 1) – B (Intervensi) – A (Baseline 2). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa tunarungu kelas VII di SLB YPP Bajeng Raya. Tehnik pengumpulan data melalui tes, didukung data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas VIII dalam aspek penguasaan kosakata dan menjawab pertanyaan, mengalami kenaikan level dari sebelumintervensi (basaline A1) kesesudahintervensi (basaline A2), (ii) Kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu dengan menggunakan strategi KWL mengalami peningkatan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penggunaan strategi KWL (Know-Want-Learned) dapat diterapkan, karena memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas VIII di SLB YPP Bajeng Raya Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 May 2018 08:31
Last Modified: 04 May 2018 08:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item