Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Awal dan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pattallassang

FERIPADLI, FERIPADLI (2018) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Awal dan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pattallassang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL_161050701042_FERIPADLI.docx

Download (57kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif- eksploratif yang bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk soal cerita terkait materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ditinjau dari kemampuan awal dan gaya belajar. Jenis kesalahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kesalahan Newman yang terdiri dari 5 kategori yaitu: (1) Reading error; (2) Comprehension error; (3) Transformation error; (4) Process skill error; dan (5) Encoding error. Penelitian ini menggunakan 4 jenis instrumen, yaitu: (1) Tes kemampuan awal untuk mengetahui kemampuan awal rendah dan tinggi; (2) Angket gaya belajar untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki siswa; (3) Tes masalah soal cerita untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa; dan (4) Pedoman wawancara untuk menggali lebih dalam kesalahan yang dilakukan siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh (1) siswa yang memiliki kemampuan awal rendah dengan gaya belajar visual cenderung melakukan transformation error; process skill error; dan encoding error; (2) siswa yang memiliki kemampuan awal rendah dengan gaya belajar auditorial cenderung melakukan reading error; comprehension error; transformation error; process skill error; dan encoding error; (3) siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan gaya belajar visual cenderung melakukan process skill error; dan (4) siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dengan gaya belajar auditorial cenderung melakukan transformation error dan process skill error. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa cenderung sama namun tetap ada perbedaan kesalahan yang dilakukan. Hal tersebut dikarekan faktor kemampuan awal dan gaya belajar yang dimiliki siswa. Kata Kunci: Kesalahan, Soal Cerita, Kemampuan Awal, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 May 2018 07:26
Last Modified: 04 May 2018 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8437

Actions (login required)

View Item View Item