Strategi kesoponan yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di dalam interaksi kelas

WAHIDAH, WAHIDAH (2017) Strategi kesoponan yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di dalam interaksi kelas. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
article wahidah.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji jenis-jenis strategi kesopanan yang digunakan oleh guru bahasa inggris di kelas dan untuk menemukan strategi kesopanan yang dominan yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di dalam kelas. Peniliti menerapkan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai fenomena strategi kesopanan guru. Penelitian ini lebih lanjut menerapkan metode penentuan sample (purposive sampling) dalam memperoleh data. Subjek penelitian ini adalah salah seorang guru bahasa Inggris di SMA 21 Makassar. Peniliti melakukan pengamatan dengan cara merekam aktifitas guru di kelas. Pada akhir pertemuan, peneliti mewawancarai beberapa peserta penelitian. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan perekam suara untuk merekam seluruh aktifitas di kelas dan mendengar rekaman untuk mengumpulkan data mengenai jenis strategi kesopanan yang digunakan oleh guru. Peneliti menemukan beberapa stategi kesopanan yang digunakan oleh guru dalam interaksi jelas. dalam hal ini stategi kesopanan dibagi kedalam tiga bagian. yang pertama Bald on record yang diambil dari pertemuan pertama dan ke empat seperti (cases of non-minimization of the face threat and case of FTA oriented usage (Welcoming), kesopanan positif yang diambil dari pertemuan pertama dan keempat (giving give to the hearer, noticing, noticing attend good to the hearer, exaggerating interest to the hearer, seeking agreement, offering promise, being optimistic, involving both S and H in the activity, giving gift interest to hearer, and making a joke). Kesopanan negative berdasarkan apa yang ditemukan oleh peneliti dari pertemuan pertama sampai keempat seperti (be direct’ sub strategy, be pessimistic sub strategy, and apologize sub strategy). dan stratgi kesopanan yang dominan ditemukan bahwa , strategi kesopanan positif terjadi sebanyak 59 ucapan (54,2%). kesopanan negatif terjadi sebanyak 30 ucapan (22,5%), and Bald on record terjadi sebanyak 20 ucapan guru. tipe ini terjadi karena kondisi spontan dalam proses pengajaran dan pembelajaran. dari hasil analisis data ditemukan bahwa guru menggunakan kesopanan positif lebih dominan dalam EFL. oleh karena itu kesopanan positif digunakan sebagai startegi komunikasi untuk menciptakan komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Kata Kunci: Stategi kesopanan, Guru, Interaksi kelas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 May 2018 07:20
Last Modified: 04 May 2018 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item View Item