Pengaruh Monitoring Diri Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Dollah, Amran Ali (2015) Pengaruh Monitoring Diri Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
AMRAN ALI.docx

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post factoyang bertujuan untuk mengetahui pengaruh monitoring diri metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMP Negeri 1 Pinrang tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pinrang sebanyak 12 kelas dengan sampel yang dipilih secara acak sebanyak 183 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah monitoring diri metakognisi siswa dan variabel terikat adalahkemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pinrang berada pada kategori “sedang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa monitoring diri metakognisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pinrang berada pada kategori “tinggi”. Hasil statistik inferensial menunjukkan bahwa monitoring diri metakognisi tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi geometri, penjumlahan dan pengurangan aljabar dan persamaan linear satu variabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pinrang. Kata Kunci: Monitoring Diri, Metakognisi, Monitoring Diri Metakognisi, PemecahanMasalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2018 07:02
Last Modified: 03 May 2018 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8404

Actions (login required)

View Item View Item