Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap partisipasi siswa dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Tompobulu

Ilham, Ilham (2017) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap partisipasi siswa dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Tompobulu. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
11. BAB SATU.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui skor partisipasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Head Together (NHT); (2) Untuk mengetahui nilai hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Head Together (NHT); (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Head Together (NHT) terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika; (4) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitia ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan berbeda. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMPN 1 Tompobulu tahun pelajaran 2017/2018 yang dipilih 2 kelas sebagai kelas sampel penelitian, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe NHT, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, angket partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan tes hasil belajar matematika. Data yang dikumpulkan dengan instrumen tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Partisipasi siswa kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 27.05 dari skor ideal 50 dengan standar deviasi 2,15; (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 85,00 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 1,10; (3) Berdasarkan perhitungan nilai t-test lebih kecil dari taraf signifikansi 0,001 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap partisipasi siswa kelas VII SMPN 1 Tompobulu dalam pembelajaran matematika; (4) Berdasarkan perhitungan nilai t-test lebih kecil dari taraf signifikansi 0,002 maka H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan Model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika kelas VII SMPN 1 Tompobulu dalam pembelajaran matematika. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap partisipasi dan hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Model Pembelajaran Langsung, Partisipasi Siwa, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2018 04:31
Last Modified: 03 May 2018 04:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8397

Actions (login required)

View Item View Item