Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Soppeng Riaja

SOFIALIZA, A.SRI (2016) Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Soppeng Riaja. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
3. BAB 1.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 2.pdf

Download (212kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan tingkat keterampilan proses sains kelompok yang diajarkan menggunakan metode eksperimen (2) mendeskripsikan tingkat keterampilan proses sains kelompok yang diajar secara konvensional (3) mendeskripsikan tingkat hasil belajar fisika kelompok yang diajarkan menggunakan metode eksperimen (4) mendeskripsikan tingkat hasil belajar fisika kelompok yang diajar secara konvensional (5) menganalisis apakah terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelompok yang diajar dengan menggunakan metode eksperimen dan kelompok yang diajar secara konvensional (6) menganalisis apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok yang diajar dengan menggunakan metode eksperimen dan kelompok yang diajar secara konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen sesungguhnya (true eksperimen) dengan posttests only kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA yang berjumlah empat kelas. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen diajar dengan metode eksperimen dan kelas kontrol diajar dengan metode konvensional dalam hal ini metode demonstrasi. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik pengacakan kelas secara random sehingga terpilih kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas konrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan menerapkan metode eksperimen berada pada ketegori tinggi. (2) keterampilan proses sains peserta didik yang diajar dengan menerapkan metode konvensional (demostrasi) berada pada ketegori sedang. (3) hasil belajar kognitif peserta didik yang diajar dengan menerapkan metode eksperimen berada pada ketegori tinggi. (4) hasil belajar kognitif peserta didik yang diajar dengan menerapkan metode konvensional (demonstrasi) berada pada ketegori sedang. (5) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelompok yang diajar dengan menggunakan metode eksperimen dan kelompok yang diajar secara konvensional (6)terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok yang diajar dengan menggunakan metode eksperimen dan kelompok yang diajar secara konvensional Kata Kunci : Metode eksperimen, keterampilan proses sains, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 May 2018 04:21
Last Modified: 03 May 2018 04:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item View Item