TRANSFORMASI NILAI KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SMP NEGERI 6 PANGKAJENE KABUPATEN SIDRAP

HIKMAYANTI, HIKMAYANTI (2016) TRANSFORMASI NILAI KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) SMP NEGERI 6 PANGKAJENE KABUPATEN SIDRAP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL TESIS HIKMA.docx

Download (42kB)

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran di kelas dipengaruhi oleh tingkat kedisiplinan peserta didik dan disinilah guru mempunyai peranan yang sangat penting. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Faktor apakah yang menyebabkan terjadinya ketidakdisiplinan peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 6 Pangkajene Kabupaten Sidrap? (ii) Bagaimana transformasi nilai kedisiplinan peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 6 Pangkajene Kabupaten Sidrap? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya ketidakdisiplinan peserta didik dalam proses pembelajaran dan cara mentransformasi nilai kedisiplinan peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru pendidikan kewarganegaraan dan peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada peserta didik dan lembar observasi guru, dengan mengamati aktivitas guru selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi atau merangkum data, penyajian data dalam bentuk uraian singkat, dan verifikasi data atau kesimpulan sementara sebagai temuan dalam penelitian. Hasil penelitian yang diperolah yaitu: (i) faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakdisiplinan peserta didik yaitu disebabkan karena adanya gangguan dari faktor guru, gangguan dari faktor peserta didik, dan gangguan dari faktor ruang kelas. (ii) cara mentransformasi nilai kedisiplinan peserta didik yaitu dengan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik sesuai yang telah direncanakan sebelumnya. Selain itu, guru menggunakan strategi yaitu guru mengarahkan perilaku peserta didik kearah positif dengan menciptakan hubungan yang baik dengan peserta didik, menumbuhkan tanggung jawab peserta didik, selalu bersikap adil kepada semua peserta didik, serta tegas dan konsisten dalam menerapkan kedisiplinan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan cara transformasi tersebut, maka dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 May 2018 08:40
Last Modified: 02 May 2018 08:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8375

Actions (login required)

View Item View Item