Efektivitas Penerapan Model Reciprocal Teaching Berbasis Aplikasi Mobile Learning pada Pembelajaran Lingkaran Kelas VIII SMP Frater Makassar

SAHIDIN, AHMAD (2017) Efektivitas Penerapan Model Reciprocal Teaching Berbasis Aplikasi Mobile Learning pada Pembelajaran Lingkaran Kelas VIII SMP Frater Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
AHMAD1.docx

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model reciprocal teaching berbasis aplikasi mobile learning pada pembelajaran lingkaran kelas VIII SMP Frater Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design, yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Frater Makassar dan sampel yakni kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktivitas peserta didik dalam pembelajaran, data hasil belajar peserta didik, dan data respons peserta didik terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Frater Makassar setelah penerapan Model reciprocal teaching berbasis aplikasi mobile learning pada pembelajaran lingkaran lebih dari 81,9 (KKM), peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas VIII SMP Frater Makassar signifikan dan berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Frater Makassar setelah diajar melalui penerapan model reciprocal teaching berbasis aplikasi mobile learning pada pembelajaran lingkaran melebihi ketuntasan klasikal, yakni hanya 94,29% (lebih dari 85%); 2) aktivitas siswa dengan penerapan model reciprocal teaching berbasis aplikasi mobile learning pada pembelajaran lingkaran berada pada kategori sangat aktif; dan 3) respons siswa terhadap model reciprocal teaching berbasis aplikasi mobile learning pada pembelajaran lingkaran berada pada kategori positif. Berdasarkan kriteria keefektifan, secara umum penerapan model reciprocal teaching berbasis aplikasi mobile learning efektif dalam pembelajaran lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Frater Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 May 2018 07:59
Last Modified: 02 May 2018 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8370

Actions (login required)

View Item View Item