Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada siswa Kelas V di SDN 183 Inpres Mangngai Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros

Nurliah, Nurliah (2015) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik pada siswa Kelas V di SDN 183 Inpres Mangngai Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (60kB)

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas diharapkan dapat menjadi sarana bagi pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Untuk proses mengajar yang efektif dan efesien, tidak hanya dicapai dengan metode yang bersifat “teacher center”. Rendahnya komunikasi Matematika karena siswa kurang memahami setiap materi dalam pelajaran Matematika. Masalah penelitian ini yaitu: Bagaimanakah kemampuan komunikasi Matematika dalam pembelajaran Matematika sebelum dan setelah penerapan PMR? Tujuan penelitian tindakan ini yaitu: mengetahui kemampuan komunikasi Matematika dalam pembelajaran Matematika sebelum dan setelah penerapan PMR. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian adalah SDN 183 Inpres Mangai Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 183 Inpres Mangai. Tes pada penelitian ini berupa soal uraian yang diberikan pada akhir setiap siklus dan berpedoman pada indikator keberhasilan untuk mengungkap kemampuan komunikasi Matematika siswa. Jumlah soal tes untuk setiap siklusnya terdiri dari empat butir soal. Soal tes dibuat sendiri oleh penulis dan diuji validitasnya. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan ini adalah bila rata-rata komunikasi siswa dapat mencapai nilai minimal 3,0. Berdasarkan analisis hasil tes pada siklus I diketahui bahwa skor total aspek kemampuan komunikasi Matematika, belum memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian ini. Nilai rata-rata siswa adalah 61,03 dan berada dalam kategori sedang pada siklus I. Secara umum pelaksanaan tindakan pada siklus II mencapai pada kategori tinggi yaitu 67,66. Keterlaksanaan pembelajaran Matematika dengan PMR pada siklus I adalah 80 % meningkat menjadi 94 % pada siklus II dan keduanya berada dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan karakteristik PMR. Secara umum adanya interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, maupun siswa dengan lingkungan selama proses pembelajaran sudah cukup baik. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan komunikasi Matematika pada siklus I berdasarkan skor total aspek kemampuan komunikasi Matematika adalah 61,03 dalam kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 67,66 dalam kategori tinggi, sehingga persentase peningkatannya sebesar 10,86 %. Saran dari penelitian ini yakni PMR dapat digunakan sebagai salah satu variasi dalam pembelajaran Matematika kerena dengan menggunakan PMR ini siswa dapat terlibat secara aktif dan dapat menimbulkan motivasi belajar sehingga siswa dapat lebih memahami konsep Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 May 2018 07:52
Last Modified: 02 May 2018 07:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8369

Actions (login required)

View Item View Item