Pengaruh Penggunaan Strategi Membaca Ekstensif Terhadap Peningkatan Pemahanan Membaca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau

RASMIN, LA ODE (2016) Pengaruh Penggunaan Strategi Membaca Ekstensif Terhadap Peningkatan Pemahanan Membaca Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
CHAPTER 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
CHAPTER V.docx

Download (18kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah penggunaan strategi membaca ekstensif dapat meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris Universitas Dayanu Ihksanuddin Baubau atau tidak, (2) untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa dalam menghadapi strategi membaca ekstensif dalam pengajaran membaca Penelitian ini menggunakan desain quasi-ekperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris Universitas Dayanu Ihksanuddin Baubau pada tahun akadimik 2015/2016 yang akan sedang selesai mengambil mata kuliah membaca III. Penelitian ini menggunakan sampel kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen diberikan pengajaran membaca dengan menggunakan strategi membaca ekstensif sedangkan kelas kontrol menggunakan metode pengajaran biasa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman membaca sebelum dan sesudah dilakukan proses pengajaran reading dan angket. Data yang telah diperoleh dianalisa menggunakan SPPS versi 20. Dari hasil analisi data pada kelas ekperimen, diketahui bahwa nilai rata-rata pada test awal untuk pemahaman literal adalah 55.25 dan nilai tes akhir adalah 77.50, untuk tes awal pemahaman inferensial adalah 50.75 dan tes akhir adalah 67.75, untuk tes awal pemahaman kritis adalah 46.50 dan tes akhir adalah 60.75. Sedangkan pemahaman membaca secara keseluruhan pada tes awal adalah 53.84 dan nilai pada tes akhir adalah 68.49. Sementara nilai uji t pada kedua kelas ekperimen dan kontrol lebih kecil dari α (0.00<0.05). Ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan nilai rata-rata persepsi mahasiswa yang diperoleh melalui angket adalah 78.76. Hal ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap strategi membaca ektensif positif. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa membaca ekstensif dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan pemahaman membaca mahasiswa secara literal, inferensial dan kritis serta mahasiwa mempunyai persepsi yang positif terhadap penggunaan strategi membaca ekstensif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 May 2018 07:29
Last Modified: 02 May 2018 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8368

Actions (login required)

View Item View Item