Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Wajo

Arisah, Arisah (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Wajo. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I -Halaman 1-10.docx

Download (26kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) di kelas XI SMA Negeri 8 Wajo. (2) mendeskripsikan seberapa besar hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas XI SMA Negeri 8 Wajo. (3) menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan yang diajar dengan pembelajaran secara konvensional di kelas XI SMA Negeri 8 Wajo. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian true eksperimen dengan desain postest only control grup design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas kontrol yang diajar secara konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 8 Wajo, terdiri atas 3 kelas dengan jumlah keseluruhan 60 orang, sedangkan sampelnya dipilih dua kelas yakni kelas XI IPA.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA.2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing sampel 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada kelas XI SMA Negeri 8 Wajo berada pada kategori amat baik dengan rata-rata skor 21,35. (2) hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan pembelajaran secara konvensional pada kelas XI SMA Negeri 8 Wajo berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 19,30. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan yang diajar secara konvensional pada kelas XI SMA Negeri 8 Wajo. Kata kunci: group investigation (GI), konvensional dan hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 May 2018 07:21
Last Modified: 02 May 2018 07:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8367

Actions (login required)

View Item View Item