Evaluasi Program Supervisi Akademik Pengawas Sekolah pada Standar Proses di SMK Bidang Keahlian Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Biak Numfor

ASMARA, DEDI ARIA (2016) Evaluasi Program Supervisi Akademik Pengawas Sekolah pada Standar Proses di SMK Bidang Keahlian Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Biak Numfor. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (132kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program supervisi akademik pengawas sekolah pada standar proses di SMK Bidang Keahlian Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Biak Numfor. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP ( Context, Input, Process,Product ). Keempat komponen model CIPP ini merupakan satu kesatuan yang utuh sehingga terlaksananya keempat komponen tersebut akan menghasilkan kesimpulan terhadap program yang di evaluasi. Sumber data pada penelitian evaluasi ini adalah guru SMK Bidang Keahlian Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Biak Numfor dan Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program supervisi akademik pengawas sekolah pada standar proses di SMK Bidang Keahlian Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Biak Numfor adalah sebagai berikut. (1) komponen konteks (context) pada dimensi tujuan dan sasaran program supervisi akademik pada standar proses pada aspek kesesuaian tujuan dengan karakteristik pembelajaran berada pada kategori baik dan kesesuaian sasaran program dengan karakteristik pembelajaran berada pada kategori cukup. (2) Komponen masukan (input) pada dimensi perencanaan proses pembelajaran pada aspek pemantauan perencanaan proses pembelajaran dan pada aspek penilaian kinerja guru pada perencanaan proses pembelajaran berada pada kategori cukup sedangkan pada aspek pelatihan dan pembimbingan pada perencanaan proses pembelajaran berada pada kategori kurang. (3) Komponen proses (process) pada dimensi pelaksanaan proses pembelajaran pada aspek pemantauan, penilaian kinerja guru, pelatihan dan pembimbingan pada pelaksanaan proses pembelajaran berada pada kategori cukup, Sedangkan pada dimensi penilaian hasil pembelajaran pada aspek pemantauan, penilaian kinerja guru dan pelatihan dan pembimbingan pada penilaian hasil pembelajaran berada pada kategori cukup. (4) Komponen hasil (product) pada dimensi pengawasan proses pembelajaran pada aspek pengawas mengevaluasi hasil pelaksanaan pengawasan berdasarkan persepsi guru dan Dinas Pendidikan berada pada kategori cukup, sedangkan pada aspek pengawas menyusun laporan hasil pengawasan dan tindak lanjut berdasarkan persepsi Dinas Pendidikan berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:09
Last Modified: 30 Apr 2018 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8311

Actions (login required)

View Item View Item