Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika (Penelitian Eksperimen Semu Pada SMPN Kota Makassar)

Zholillah, Zelan (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika (Penelitian Eksperimen Semu Pada SMPN Kota Makassar). Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh interaksi pembelajaran dengan motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif ditinjau dari motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Makassar pada semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 dan dipilih 2 kelas secara cluster random sampling sebagai sampel penelitian, satu kelompok sebagai kelas eksperimen I yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dan kelas eksperimen II sebagai kelompok yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA 2x2 faktorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh interaksi pembelajaran dengan motivasi belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bagi siswa yang bermotivasi belajar kategori tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen I dan hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen II, dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen I lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen II. Adapun bagi siswa yang bermotivasi belajar kategori rendah juga, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen I dan hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen II, dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen I lebih tinggi daripada nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen II. Ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa, hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen I lebih baik dari hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen II. Kata Kunci: Pengaruh, Kooperatif tipe TGT, Kooperatif tipe CORE, Hasil Belajar Matematika, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 05:27
Last Modified: 30 Apr 2018 05:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8265

Actions (login required)

View Item View Item