Analisis Konstruksi Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pendekatan Semiotika. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar

AKBAR MASSIKKI, KAHAR (2018) Analisis Konstruksi Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pendekatan Semiotika. Skripsi. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Ilmiah.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan konstruksi pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan semiotika. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas XII MIA 3 MAN 1 Makassar yang dipilih berdasarkan hasil tes konstruksi pemecahan masalah matematika masing-masing FA, MS, dan IS. Untuk pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan konstruksi pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara. Aspek yang menjadi tolak ukur dalam penelitian ini yaitu (1) memahami masalah (ID1); (2) menyusun rencana penyelesaian masalah (ID2); (3) melaksanakan rencana penyelesaian masalah (ID3); (4) memeriksa kembali (ID4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Untuk ID1 secara umum setiap subjek mampu melakukannya dengan baik namun khusus untuk subjek yang mengandalkan intuisinya memahami masalah dengan hanya mengingat setiap hal-hal yang dianggap penting untuk menyelesaikan masalah; (2) Untuk ID2 secara umum setiap subjek mampu melakukannya dengan baik, khusus pada soal poin a, subjek yang intuitif memiliki strategi yang sedikit berbeda dan lebih efisien dibanding strategi yang dibuat oleh subjek yang sistematis; (3) Untuk ID3 secara umum setiap subjek mampu melakukannya dengan baik, namun khusus untuk hasil kerja subjek yang sistematis, ada proses yang keliru dalam menjabarkan rumus kombinasi; (4) Untuk ID4 masing-masing subjek memiliki kemampuan yang berbeda-beda, dimana subjek yang intuitif dinyatakan baik dalam aspek ini, sedangkan subjek sistematis masing-masing dinyatakan cukup dan kurang dalam aspek memeriksa kembali. Dengan kata lain subjek memiliki kekurangan masing-masing dalam mengosntruksi pemecahan masalah matematika. Berdasarkan teori belajar yang dikemukakan Piaget tentang konstruksi, semua subjek mengalami proses asimilasi. Kata Kunci: konstruksi, pemecahan masalah, semiotika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 05:14
Last Modified: 30 Apr 2018 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8260

Actions (login required)

View Item View Item