RAHMI, RAHMI (2017) “Keterampilan Menukis Puisi Bebas dalam Bahasa Bugis Melalui Pengalaman Siswa SMP Negeri 3 Barru Kabupaten Barru”. Diploma thesis, FBS.
|
Text
4.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan keterampilan menulis puisi bebas dalam bahasa bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Barru Kabupaten Barru. Sedangkan tujuan khusus: (1) Mendeskripsikan keterampilan siswa mengaitkan tema dalam menulis puisi Bugis melalui pengalaman; (2) Mendeskripsikan keterampilan siswa menggunakan diksi dalam menulis puisi Bugis melalui pengalaman; (3) Mendeskripsikan keterampilan siswa menyampaikan amanat dalam menulis puisi Bugis melalui pengalaman; (4) Mendeskripsikan keterampilan siswa menggunakan tipografi dalam menulis puisi Bugis melalui pengalaman. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Barru tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 106 orang dan terbagi ke dalam empat kelas. Dalam penelitian ini ditetapkan jumlah sampel sebanyak 25% dari jumlah populasi atau 25% dari 106. Jadi, jumlah sampel yang ditetapkan adalah 27 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan sampel acak berimbang (proporsional random sample) dengan pertimbangan bahwa sampel mempunyai sifat yang sama. Untuk mengumpulkan data penelitian ini, siswa diberi tes tertulis untuk menulis puisi bugis melalui pengalama. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan beberapa rumus. Berdasarkan hasil pengolahan data terhadap nilai siswa maka dapat diketahui bahwa keterampilan menulis puisi bebas dalam bahasa bugis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Barru Kabupaten Barru secara umum berada dalam kategori tidak terampil karena jumlah siswa yang memeroleh nilai 75-100 tidak mencapai 75%. Siswa yang terampil hanya berjumlah 14,82% dari empat aspek yang dijadikan indikator penilaian. Ada tiga indikator yang dikategorikan siswa tidak terampil yaitu, aspek diksi hanya mencapai tingkat keterampilan siswa 18,52% dan aspek amanat hanya mencapai 22,22%, sedangkan aspek tipografi hanya mencapai 18,25%. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kiranya guru bahasa dan sastra daerah SMP Negeri 3 Barru, selalu memberikan pelatihan dan tugas kepada siswa dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi. Selain itu, guru perlu mencari strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih kreatif dalam belajar dan menulis khususnya menulis puisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 03:27 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 03:27 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8249 |
Actions (login required)
View Item |