Evaluasi Program Pelatihan Pengawas di LPMP Sulawesi Selatan

SARI, FIRNA (2017) Evaluasi Program Pelatihan Pengawas di LPMP Sulawesi Selatan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Evaluasi Program.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pemetaan mutu pendidikan merupakan langkah awal dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan yang mulai dikembangkan oleh pemerintah pada tahun 2016. Pengawas sekolah menjadi sasaran dalam program pelatihan pengawas dan menjadi penentu keberhasilan kegiatan pemetaan mutu. Sekolah sasaran tahun 2017 sejumlah 9.163 sekolah yang diharapkan dapat terpetakan mutunya. Untuk menjamin keterlaksanaan pemetaan mutu pendidikan, maka kepada pengawas diberikan pelatihan sebelum bertugas di sekolah sasaran masing-masing untuk dapat menjamin akuntabilitas pengumpulan dan kredibilitas data sesuai dengan kondisi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Pelatihan Pengawas yang dilaksanakan pada tahun 2017 di LPMP Sulawesi Selatan. Secara khusus evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui program pelatihan pengawas di LPMP Sulawesi Selatan dalam hal: (1) penyusunan rencana pelatihan, penyiapan bahan pelatihan, penyiapan fasilitator pelatihan, kelengkapan data calon peserta pelatihan, dan penetapan peserta pelatihan, (2) pelaksanaan pelatihan, (3) kompetensi peserta, serta dokumen dan pelaporan hasil pelaksanaan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model Countenance yang terdiri dari tiga aspek evaluasi, yaitu: masukan, proses, dan hasil. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) masukan, menunjukkan bahwa komponen penyusunan rencana pelatihan, penyiapan bahan pelatihan, penyiapan fasilitator pelatihan, kelengkapan data calon peserta pelatihan, dan penetapan daftar calon peserta pelatihan berada pada kategori baik, (2) proses, menunjukkan bahwa komponen persiapan pelaksanaan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, penandatanganan komitmen pengawas sekolah, dan pemanfaatan anggaran berada pada kategori baik, (3) hasil, menunjukkan bahwa komponen kompetensi peserta pelatihan serta dokumen dan pelaporan pelaksanaan pelatihan berada pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa program Pelatihan Pengawas dapat dikatakan berhasil. Meskipun sebenarnya masih terdapat beberapa hal yang perlu mendapatkan perbaikan, namun yang sudah dinyatakan baik dapat dijadikan acuan untuk mengoptimalkan program Pelatihan Pengawas berikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:25
Last Modified: 30 Apr 2018 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8246

Actions (login required)

View Item View Item