Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP (Penelitian Eksperimen Semu pada Siswa SMPN di Kecamatan Pitumpanua)

Use, Sulfiana (2018) Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP (Penelitian Eksperimen Semu pada Siswa SMPN di Kecamatan Pitumpanua). Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
use sulfiana.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa kelas VII melalui pendekatan Quantum Teaching dan pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan media Mind Mapping pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan. Selain itu, untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar melalui pendekatan Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan media Mind Mapping. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Pitumpanua. Dengan menggunakan random cluster sampling, maka terpilih sampel kelas VII.B untuk SMP Negeri 3 Pitumpanua melalui pendekatan Quantum Teaching dengan media Mind Mapping dan VII.C untuk SMP Negeri 2 Pitumpanua melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan media Mind Mapping dengan jumlah masing-masing siswa sebanyak 21 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar obeservasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunkan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji Analisis of variance (ANOVA) satu jalur. Berdasarkan hasil analisis varian satu jalur, hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan yang diajar melalui pendekatan Quantum Teaching dengan media Mind Mapping lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan media Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Pitumpanua. Kata Kunci : Pendekatan Quantum Teaching, Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar Matematika, Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:25
Last Modified: 30 Apr 2018 03:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8242

Actions (login required)

View Item View Item