Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Berbasis Kooperatif Materi Lingkaran pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 SATAP Ma’rang. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar

Alimuddin, Rizki (2015) Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Berbasis Kooperatif Materi Lingkaran pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 SATAP Ma’rang. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARIAS berbasis kooperatif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Marang dengan mengacu pada empat kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan respon siswa. Pada penelitian ini dipilih secara random unit eksperimen sebanyak satu kelas dari dua kelas VIII SMP Negeri 4 Satap Ma’rang tahun ajaran 2014/2015 semester genap. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan awal (pretest), tes hasil belajar (posttest), dan observasi keterlaksanaan dan aktifitas siswa. Data tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 SATAP Ma'rang sebelum diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbasis kooperatif berada dalam kategori sangat rendah dan setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbasis kooperatif, berada dalam kategori tinggi, dan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 SATAP Ma'rang berada dalam kategori tinggi; (2) Ketuntasan klasikal siswa mencapai 100%. Ini berarti bahwa siswa mencapai ketuntasan klasikal, yaitu 85%; (3) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS berbasis kooperatif efektif; (4) respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbasis kooperatif efektif; (5) ada peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS berbasis kooperatif; dan (6) Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS berbasis kooperatif telah efektif dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 4 SATAP Ma'rang untuk pokok bahasan lingkaran. Kata Kunci : Efektivitas, Model Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar, Kooperative, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:16
Last Modified: 30 Apr 2018 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8240

Actions (login required)

View Item View Item