PENGARUH FASILITAS, MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI PESERTA DIDIK PADA JURUSAN IPS SMA 8 NEGERI JENEPONTO

PARIDA, PARIDA (2017) PENGARUH FASILITAS, MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI PESERTA DIDIK PADA JURUSAN IPS SMA 8 NEGERI JENEPONTO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PARIDA OK.doc

Download (401kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada bidang studi Ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 8 Jeneponto. (2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi Peserta didik Kelas XII IPS SMA Negeri 8 Jeneponto. (3) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi peserta didik Kelas XII IPS SMA Negeri 8 Jeneponto. (4) untuk mengetahui berapa besar pengaruh fasilitas belajar, motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik bidang studi ekonomi kelas XII IPS SMA Negeri 8 Jeneponto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian verifikatif (verificative research) adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menguji teori atau hasil penelitian sebelumnya, sehingga di peroleh hasil yang memperkuat atau menggugurkan teori hasil penelitian sebelumnya. Penelitian Korelasional bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor belajar (X1), motivasi belajar (X2), dan minat belajar (X3) berpengaruh terhadap prestasi belajar (Y). Teknik pengumpulan data di lakukan dengan angket, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis menjelaskan bahwa variabel minat belajar di lanjutkan denganmotivasi belajar memegang peran penting di banding variabel lainnya, dan berikutnya adalah variabel fasilitas belajar Hasil analisis menunjukkan tingkat pengaruh masing-masing variabel sangat signifikan dan dampaknya terhadap variabel terikat, demikian halnya secara simultan dapat ditunjukkan dengan besaran konstribusi pengaruh melalui nilai determinan R square. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa semua hipotesis uji diterima. Kata Kunci : fasilitas,motivasi,dan minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi peserta didik. **mahasiswa pendidikan ekonomi, pascasarjana universitas negeri Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:16
Last Modified: 30 Apr 2018 03:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8239

Actions (login required)

View Item View Item