Implementasi Metode Berpasangan Langsung dan Berpasangan dengan Rintangan Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Murid Kelas IV SD Negeri 2 Tonronge Kabupaten Sidenreng Rappang.

PAHARUDDIN, PAHARUDDIN (2015) Implementasi Metode Berpasangan Langsung dan Berpasangan dengan Rintangan Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah Bola Voli Murid Kelas IV SD Negeri 2 Tonronge Kabupaten Sidenreng Rappang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
jurnal.doc

Download (74kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Sejauhmana pendekatan pelaksanaan metode berpasangan langsung dan berpasangan dengan rintangan dapat meningkatkan hasil belajar murid, 2) Sejauh mana kemampuan murid dalam belajar passing bawah permainan bolavoli, 3) Sejauhmana kemampuan guru dalam mengajar permainan bolavoli, 4) Sejauhmana respon murid terhadap permainan bolavoli melalui pelaksanaan metode berpasangan langsung dan berpasangan dengan rintangan, 5) Sejauh mana hasil belajar murid terhadap passing bawah dalam permainan bolavoli melalui pelaksanaan metode berpasangan langsung dan berpasangan dengan rintangan. Berdasarkan hasil rekapitulasi antar siklus setelah melalui pelaksanaan metode berpasangan langsung dan berpasangan dengan rintangan pada siklus kedua menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli pada murid kelas IV SD Negeri 2 Tonronge Kabupaten Sidenreng Rappang memiliki peningkatan, hal tersebut ditunjukkan dari hasil siklus I, terdapat 0 murid (0,0%) dalam skala 5 (Baik sekali) dan meningkat menjadi 3 murid (8,1%) dalam skala 5, sehingga diperoleh 8,1% (8,1% - 0,0%). Demikian pula pada skala 4 (Kategori baik) menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 19 murid (51,4%) dan meningkat menjadi 34 murid (91,9%) sehingga diperoleh peningkatan 40,5% (91,9% - 51,4%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pelaksanaan metode berpasangan langsung dan berpasangan dengan rintangan yang dilaksanakan pada siklus II memiliki peningkatan sebesar 48,6% (40,5% + 8,1%) pada kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli pada murid kelas IV SD Negeri 2 Tonronge Kabupaten Sidenreng Rappang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:04
Last Modified: 30 Apr 2018 03:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8230

Actions (login required)

View Item View Item