Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Kooperatif Tipe Numbered head Together (NHT) pada Materi Tekanan di SMP Negeri 2 Salomekko

DAHLIA, DAHLIA (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Kooperatif Tipe Numbered head Together (NHT) pada Materi Tekanan di SMP Negeri 2 Salomekko. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pengembangan perangkat pembelajaran IPAmodel kooperatif tipe NHT pada materi tekanan di SMP Negeri 2 Salomekko. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model four-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Pada tahap pendefenisian, dilakukan analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan. Pada tahapan perancangan bertujuan untuk merancang prototipe perangkat pembalajaran. Pada tahap pengembangan bertujuan untuk menguji kefektifan dan kepraktisan perangkat pembelajaran melalui ujicoba perangkat. Kegiatan ujicoba perangkat dilakukan pada kelas VIII A di SMP Negeri 2 Salomekko, melalui ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan. Hasil penelitian ini adalah sebuah prototipe perangkat pembelajaran IPA model kooperatif tipe NHT yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kevalidan produk ditunjukkan oleh hasil validasi oleh para ahli berada pada kriteria valid. Kepraktisan produk perangkat ditunjukkan melalui hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria baik. Keefektifan produk ditunjukkan melalui aktivitas siswa dan guru berada pada batas toleransi waktu yang telah ditetapkan, pencapaian kemampuan guru mengelola pembelajaran mencapai kriteria baik, siswa mampu mencapai ketuntasan 87,5 %, dan banyaknya siswa yang memberikan respon positif sebesar 92,67% dari subjek yang diamati atau respon siswa terhadap komponen model dan kegiatan pembelajaran lebih besar dari respon negatif . Sehingga perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat memenuhi kriteria kualitas yang dipersyaratkan yaitu valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Model kooperatif tipe NHT, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 03:00
Last Modified: 30 Apr 2018 03:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8227

Actions (login required)

View Item View Item