Proses Berpikir Reflektif Mahasiswa dalam Meme-cahkan Masalah Pembuktian Teorema Grup Ditinjau dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo

ALFIANSYAH, MUH. (2018) Proses Berpikir Reflektif Mahasiswa dalam Meme-cahkan Masalah Pembuktian Teorema Grup Ditinjau dari Gaya Kognitif Konseptual Tempo. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
7. BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (37kB)
[img] Text
11. BAB V PENUTUP.docx

Download (23kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di perguruan tinggi mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir, memecahkan masalah dan kemandirian mahasiswa. Pendidik perlu memberikan perhatian pada perbedaan karakteristik mahasiswa dalam memecahkan masalah, salah satunyayaitu gaya kognitif. Hal ini dikarenakan bahwa gaya kognitif berkaitan dengan cara penerimaan dan pemrosesan informasi seseorang, sehingga berpengaruh terhadap keberhasilannya dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif mahasiswa dalam memecahkan masalah pembuktian konsep grup ditinjau dari gaya kognitif konseptual tempo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatankualitatif, subjek penelitian terdiri dari empat mahasiswa Pendidikan Matematika PPs UNM angkatan 2016.Penelitian dimulai dengan menentukan subjek penelitian menggu-nakan instrumen MFFT.Kemampuan awal yang relatif sama (kategori tinggi), gender, dan kemampuan komunikasi juga menjadi pertimbangan dalammemilih subjek. Selanjutnya, peneliti memberikan tes berpikir reflektif dalam memecahkan masalah pembuktian materi konsep grup dan wawancara kepada setiap subjek.Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Subjek fast accurate dan subjek reflektif mencapai setiap fase proses berpikir reflektif yang meliputi fase reacting, comparing dan contemplating. Sementara, Subjek impulsif dan subjek slow inaccurate mencapai fase proses berpikir reflektif hanya pada fase reacting dan comparing (kecuali indikator menerapkan strategi). Subjek fast accurate cepat dalam memberikan responstanpa melalui pertimbangan yang matang sehingga solusi yang diberikan tidak terstruktur danterjadi beberapa kekeliruan, tetapidapat segera disadari sedemikian sehingga solusi yang diberikan cenderung tepat.Subjek impulsif cepat memberikan respons tanpa melalui pertimbangan yang matang akibatnya respons yang diberikan tidak jelas dan cenderung keliru. Subjek reflektif menelaah dan memikirkan dengan penuh pertimbangan setiap alternatif yang mungkin saat dihadapkan dengan suatu masalah sedemikian sehingga cenderung lama dalammemberikan respons, respons yang diberikan tidak terlalu rinci tetapi cenderung tepat. Sementara subjek slow inaccuratelama dalam memberikan respons, namun tidak disertai dengan pertimbangan secara menyeluruh sebab subjek cenderung memberikan respons yang tidak diyakini oleh dirinya sendiri. Kata Kunci: berpikir reflektif, gaya kognitif konseptual tempo, konsep grup

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:52
Last Modified: 30 Apr 2018 02:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8217

Actions (login required)

View Item View Item