RIDWAN, ARWAN (2017) “Keefektifan model pengajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar”. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
JURNAL, ARWAN RIDWAN 2017.docx Download (62kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis keterampilan berbicara sebelum menerapkan model pengajaran student facilitator and explaining pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Makassar, dan (2) menganalisis keterampilan berbicara setelah menerapkan model pengajaran student facilitator and explaining pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain pre-experimental designs dengan bentuk one-group pretest-posttest designt yaitu hanya menggunakan satu kelompok subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar yang berjumlah 110 orang yang terbagi atas kelas VII hanya 1 kelas, kelas VIII hanya 1 kelas, dan kelas IX hanya 1 kelas. Dengan teknik purposive sampling (penunjukan langsung) terpilih kelas VII sebanyak 38 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu tes bentuk bercerita. Teknik pengumpulan data yang gunakan adalah tes bentuk bercerita dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan sofware komputer SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar sebelum dan sesudah menerapkan model student facilitator and explaining. Sebanyak 38 siswa dengan nilai rata-rata 58,0 sebelum menerapkan model student facilitator and explaining sedangkan nilai rata-rata 70,1 setelah menerapkan model student facilitator and explaining. Model student facilitator and explaining efektif diterapkan pada pengajaran keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. Hal terbukti pada uji compare mean, paired-samples t test ditemukan 0,000 (p) < = 0,05, maka H0 di tolak dan H1 diterima. Kesimpulannya adalah hipotesis diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara tanpa menerapkan model student facilitator and explaining dengan menerapkan model student facilitator and explaining. Hal ini menunjukkan hipotesis penelitian yang diajukan diterima, yaitu jika p < = 0,05. Kata Kunci : Model student facilitator and explaining, keterampilan berbicara.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 02:39 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 02:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8214 |
Actions (login required)
View Item |