Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Bernuansa Pendidikan Islam di SMA Islam Al Azhar 12 Makassar

UMAJJAH, NUR THAHIRAH (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Bernuansa Pendidikan Islam di SMA Islam Al Azhar 12 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Jurnal Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Terintegrasi Pendidikan Islam.docx

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkanmodul pembelajaran fisika bernuansa pendidikan Islam untuk perserta didik kelas XI di SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar ditinjau dari validitas teoretik, (2) mengembangkanmodul pembelajaran fisika bernuansa pendidikan Islam untuk perserta didik kelas XI di SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar ditinjau dari validitas empirik (3) mendeskripsikan profil pengembangan modul pembelajaran fisika bernuansa pendidikan Islamuntuk perserta didik kelas XI di SMA Islam Al-Azhar 12 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 3D yang meruapakan adaptasi dari model pengembangan 4D.Subjek uji dalam penelitian ini yaitu 20 peserta didik kels XI IPA SMA Islam Al Azhar 12 makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil validitas secara teoretik modul pembelajaran fisika bernuansa pendidikan Islam dengan metode validitas pakar berada pada kategori valid, dengan menggunakan uji Gregory, tingkat konsisten internal ( reliabilitas) modul pembelajaran ini sangat konsisten yaitu 100%. Sedangkan validitas secara teoretik dengan metode validitas muka, modul pembelajaran fisika bernuansa pendidikan Islam berada pada kategori tepat dalam mengukur indikator, jelas dalam penggunaan bahasa, dan baik dari segi kegrafikan, (2)Hasil analisis respon peserta didik menunjukkan bahwa 35% Peserta didik menilai bahwa modul pembelajaran tersebut berada pada kategori baik dan 65% kategori sangat baik. Hasil analisis respon Peserta didik untuk setiap item pernyataan menunjukkan bahwa 100 % Peserta didik memberikan respon positif untuk minimal 50% item pernyataan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika bernuansa pendidikan Islam dapat digunakan dengan resvisi kecil.Hasil validitas empirik juga menunjukkan adanya minat peserta didik yang besar dalam proses belajar fisika dengan menggunakan modul tersebut, khususnya dengan materi yang terintegrasi dengan Al-Qur'an, (3) Profil akhir modul pembelajaran fisika bernuansa pendidikan Islam kelas XI yang dikembangkan di SMA Islam Al Azhar 12 Makassar yaitu : (1) Sampul, (2) Prakata, (3) Daftar isi, , (4) Pendahuluan, (5) Peta Konsep, (6) Petunjuk guru, (7) Petunjuk Peserta didik, (8) Materi ajar, (9) Latihan mandiri, (10) Lembar kerja peserta didik (LKPD), (11) Glosarium, (12) Test formatif. (13) Kunci jawaban test formatif berupa uraian, (14) Test hasil belajar kognitif. (15) Kunci jawaban test hasil belajar kognitif. Test hasil belajar kognitif beserta kunci jawaban tidak termuat dalam modul, karena test tersebut hanya dimiliki oleh guru mata pelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:40
Last Modified: 30 Apr 2018 02:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8213

Actions (login required)

View Item View Item