Implementasi Model Project Based Learning pada Pembelajaran Tapestri di Kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Makassar

IDAFITRIANI, IDAFITRIANI (2015) Implementasi Model Project Based Learning pada Pembelajaran Tapestri di Kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (48kB)

ABSTRAK Belum optimalnya penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh Guru Seni Budaya di kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Makassar mengakibatkan hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Guru masih terbiasa dengan model konvensional yang berpusat pada guru sehingga nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui persiapan guru dalam menggunakan model Project Based Learning pada pembelajaran tapestri; (ii) untuk mengetahui implementasi model Project Based Learning oleh guru pada pembelajaran tapestri; (iii) untuk mengetahui pengaruh implementasi model Project Based Learning pada pembelajaran tapestry terhadap hasil belajar peserta didik di kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey yang bersifat deskriptif, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum deskripsi tentang apa yang akan diteliti melalui pengolahan data secara kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Makassar tahun pelajaran 2014/2015 semester genap berjumlah 34 orang. Tehnik pengumpulan data diambil dari hasil validasi perangkat dan instrument penelitian oleh para ahli, penilaian observer, wawancara, dan dokumentasi yang selanjutnya di analisis melalui tehnik statistika deskriptif dan naratif kualitatif. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa implementasi model Project Based Learning pada pembelajaran tapestri di kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Makassar dari segi penyusunan RPP, pelaksanaan dan penilaian rata-rata persentase yaitu keterlaksanaan 82,63% dengan kategori baik, dari segi implementasi model Project Based Learning untuk pelaksanaan dan penilaian rata-rata nilai sebesar 79,70% dengan kategori baik, hasil belajar rata-rata nilai sebesar 82,02% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:26
Last Modified: 30 Apr 2018 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8205

Actions (login required)

View Item View Item