“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain dengan menggunakan media palang Pada Siswa SD Negeri 5Mojong Kabupaten Sidenreng Rappang”

ZAKARIAH, ZAKARIAH (2015) “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain dengan menggunakan media palang Pada Siswa SD Negeri 5Mojong Kabupaten Sidenreng Rappang”. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal.doc

Download (268kB)

ABSTRAK Pelaksanaan pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 5 Mojong Kabupaten Sidenreng Rappang kurang memuaskan bagi guru penjasorkes, hasil yang didapatkan siswa pada tes evaluasi akhir pembelajaran masih banyak siswa yang nilainya belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Sedangkan tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengefektifitaskan pembelajaran dengan cara pendekatan bermain lompat ban bekas atau mengvariasikan berbagai macam permainan kedalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas maka peneliti menyimpulkan rumusan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti yaitu “Apakah melalui pendekatan bermain menggunakan media palang dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Mojong Kabupaten Sidenreng Rappang tahun 2015. Lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan media palang merupakan salah satu alternatif pembelajaran lompat jauh di Sekolah Dasar. Namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal, metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian yang menggunakan 2 siklus dan 4 pertemuan menunjukan di siklus I nilai rata-rata ketuntasan dari aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor sebesar 55%, sedangkan yang tidak tuntas sebesar 45%. Maka dilanjutkan di siklus II dengan nilai rata-rata ketuntasan dari aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor sebesar 85%, sedangkan yang tidak tuntas sebesar 15%. Nilai yang dihasilakan sesuai dengan yang diinginkan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data pengamatan dilapangan dan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain pada materi lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan media palang sebagai sarana dan prasarana pembelajaran mengalami peningkatan dalam hasil belajar siswa kelas V SD Negaeri 5 Mojong Panua Kabupaten Sidenreng Rappang. Saran dari peneliti meliputi beberapa hal yaitu : diharapkan bagi guru penjasorkes di Sekolah Dasar untuk menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam pembelajaran, guru dapat menvariasikan berbagai macam bentuk permainan dalam pembelajaran, dan media ban bekas dapat digunakan untuk mengatasi kekurangan alat peraga dalam pembelajaran lompat jauh. Bagi siswa diharapkan dapat lebih meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan media yang sangat sederhana didalam lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:22
Last Modified: 30 Apr 2018 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8204

Actions (login required)

View Item View Item