Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumnetasi Melalui Penerapan Metode Think Talk Write Siswa Kelas X3 SMA Negeri 3 Sinjai

MIFTAKHUS, SA’ADAH (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumnetasi Melalui Penerapan Metode Think Talk Write Siswa Kelas X3 SMA Negeri 3 Sinjai. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MIFTAKHUS SA’ADAH.docx

Download (14kB)

ABSTRAK MIFTAKHUS SA’ADAH. 2013. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumnetasi Melalui Penerapan Metode Think Talk Write Siswa Kelas X3 SMA Negeri 3 Sinjai” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Unversitas Negeri Makassar (dibimbing Hj. Sulastriningsih Dj dan Helena Emma Maria M.) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi melalui penerapan metode Think Talk Write siswa kelas X3 SMA Negeri 3 Sinjai Kabupaten Sinjai, (2) hasil peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi melalui metode Think Talk Write siswa kelas X3 SMA Negeri 3 Sinjai Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini adalah data proses pembelajaran dan data hasil pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa kelas X3 SMA Negeri 3 Sinjai Kabupaten Sinjai yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes keterampilan menulis karangan argumentasi. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Proses pembelajaran siklus I kurang efektif dibandingkan dengan proses pembelajaran siklus II. Proses pembelajaran siklus II lebih efektif dan memuaskan setelah dilakukan perbaikan terhadap masalah pada siklus I. Pada siklus II, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi dengan baik. Hal tersebut juga berpengaruh pada proses aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pada siklus II siswa lebih antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran, saling bekerja sama dalam kelompok, dan bersungguh-sungguh dalam menulis. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan metode Think Talk Write cukup efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan argumentasi. Hal ini terbukti melalui hasil belajar siswa menulis karangan argumentasi dengan menggunakan metode Think Talk Write mengalami peningkatan pada setiap suklus. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 73 , dan siklus II sebesar 84. Mengalami peningkatan sebanyak 11. Sehubungan dengan penelitian ini, saran yang diajukan peneliti sebagai berikut: (1) Bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya kreatif dalam menentukan metode pembelajaran keterampilan menulis argumentasi agar siswa tidak merasa jenuh mengikuti pembelajaran, (2) bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran agar selalu bersemangat dan berprilaku positif, (3) Guru bidang studi lain dapat menggunakan metode Think Talk Write dalam mata pelajaran yang lain, (4) Bagi peneliti lanjut, sebagai bahan acuan yang sejenis dengan penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:51
Last Modified: 25 Apr 2016 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item