Kelayakan Buku Teks Seni Budaya (Seni Rupa) untuk SMP Kelas VII Terbitan Tiga Serangkai Tahun 2015 Penulis: Kusnadi

HERLINAH, HERLINAH (2017) Kelayakan Buku Teks Seni Budaya (Seni Rupa) untuk SMP Kelas VII Terbitan Tiga Serangkai Tahun 2015 Penulis: Kusnadi. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (44kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeksripsikan kelayakan isi buku teks Seni Budaya terbitan Tiga Serangkai sesuai Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) (2) untuk mendeksripsikan kelayakan penyajian buku teks Seni Budaya terbitan Tiga Serangkai sesuai BSNP (3) untuk mendeksripsikan kegrafikaan buku teks Seni Budaya terbitan Tiga Serangkai sesuai BSNP. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif pendekatan evaluatif yaitu penelitian mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasikan informasi yang umumnya diperoleh melalui, pengukuran untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan efisiensi suatu program pendidikan. Penelitian ini mengkaji atau menganalisis buku teks Seni Budaya dengan melakukan studi pustaka berupa instrumen penilaian yang sesuai dengan BSNP pada buku teks yang akan dianalisis. Untuk memperkuat hasil analisis dilakukan pengamatan terhadap dokumen lain yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kandungan isi buku teks Seni Budaya untuk SMP/MTs kelas VII yang diterbitkan Tiga Serangkai tahun 2015 berdasarkan penelitian buku teks dengan menggunakan model instrument yang dikembangkan oleh BSNP sebagian tidak sesuai standar kelayakan buku teks. Hal ini dapat dilihat dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan kegrafikaan, karena pada aspek kelayakan isi, uraian materi buku teks Seni Budaya untuk SMP/MTs yang diterbitkan Tiga Serangkai tahun 2015 masih ada satu tidak mengacu pada Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan standar isi yang telah ditetapkan oleh BSNP. (2) penyajian materi yang disajikan pada setiap pokok bahasan sangat kurang atau sangat singkat. Masih ada beberapa materi pada setiap bab belum akurat penyajiannya, ilustrasi yang kurang tepat dan kurang menarik karena gambar ilustrasinya tidak berwarna. Dari aspek kebahasaan masih terdapat kekurangan, seperti yang terdapat istilah-istilah yang tidak baku dan tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). (3) aspek kegrafikaan hampir seluruhnya sesuai komponen penilaian kegrafikaan. Hanya saja terdapat kekurangan pada sampul buku desain kurang mewakili materi isi buku, dimana gambar pada sampul tidak memperlihatkan karya seni musik sementara di dalam isi buku membahas materi seni musik. Begitu pula gambar ilustrasi pada sampul buku masih menimbulkan penafsiran yang keliru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:11
Last Modified: 30 Apr 2018 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8199

Actions (login required)

View Item View Item