Pengembangan Modul Bimbingan Pribadi Sosial untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying di SMK Negeri 2 Kendari

AHMAD, SERI (2017) Pengembangan Modul Bimbingan Pribadi Sosial untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying di SMK Negeri 2 Kendari. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL SERI AHMAD.docx

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menelaah pengembangan modul bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan resiliensi siswa korban bullying. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui gambaran resiliensi korban bullying dan pelaksanaan bimbingan pribadi sosial. (2) Mengembangkan modul layanan bimbingan pribadi sosial yang valid, menarik, dan praktis untuk meningkatkan resiliensi siswa korban bullying. (3) Mengembangkan modul bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan resiliensi siswa korban bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi, dengan teknik pengumpulan data melalui angket, skala, dan Focuss Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perilaku bullying masih sering terjadi di SMK Negeri 2 Kendari, ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang tidak mampu untuk keluar dari situasi yang tidak menguntungkan tersebut, sehingga modul bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan resiliensi siswa korban bullying sangat dibutuhkan di sekolah. (2) Modul yang dihasilkan telah valid, menarik dan praktis dari hasil penilaian terhadap utility/kegunaan, feasibility/kelayakan, dan accuracy/ketepatan yang dilakukan oleh dua orang ahli BK. (3) Penerapan modul bimbingan pribadi sosial dapat meningkatkan resiliensi siswa dapat meningkatkan resiliensi siswa korban bullying. Kata Kunci: bimbingan pribadi sosial, resiliensi, korban bullying.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:07
Last Modified: 30 Apr 2018 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8197

Actions (login required)

View Item View Item