“Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP Negeri 1 Majene”.

YAHYA, AMRAN (2015) “Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP Negeri 1 Majene”. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL JURNAL AMRAN YAHYA 13B07058.doc

Download (219kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa menyelesaikan soal bentuk cerita pada materi Segitiga dan Segi Empat di kelas VII SMP Negeri 1 Majene berdasarkan kemampuan awal matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Majene. Subjek penelitian berjumlah 6 orang siswa yang terdiri dari 2 orang siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika tinggi, 2 orang siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika sedang, dan 2 orang siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika rendah. subjek merupakan siswa kelas VIIA (semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Pemilihan subjek dilakukan dengan memperhatikan hasil ujian semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 siswa. Data tentang kemampuan koneksi matematika siswa diperoleh dari hasil tes kemampuan koneksi matematika dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika tinggi memiliki kemampuan koneksi matematika yang tinggi, siswa dengan tingkat kemampuan tinggi mampu meyelesaikan permasalahan dan mengkoneksikannya dengan konsep matematika, ilmu (bidang) lain, serta kehidupan sehari-hari dengan baik. Tetapi terdapat siswa yang mengalami sedikit hambatan dalam menyelesaikan soal (2) siswa dengan tingkat kemampuan dasar matematika sedang memiliki kemampuan koneksi matematika yang sedang, Siswa dengan tingkat kemampuan sedang mampu memahami soal, tetapi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dan mengkoneksikannya dengan konsep matematika, ilmu (bidang) lain, serta kehidupan sehari-hari. (3) siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika rendah memiliki kemampuan koneksi matematika yang rendah, Siswa dengan tingkat kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam memahami menentukan unsur-unsur dari soal sehingga tidak dapat menyelesaikan permasalahan serta mengkoneksikannya dengan konsep matematika, ilmu (bidang) lain, serta kehidupan sehari-hari. ABSTRAK AMRAN YAHYA. “Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP Negeri 1 Majene”. (dibimbing oleh Awi Dassa dan Ilham Minggi) Jenis penelitian ini adalah Penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa menyelesaikan soal bentuk cerita pada materi Segitiga dan Segi Empat di kelas VII SMP Negeri 1 Majene berdasarkan kemampuan awal matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Majene. Subjek penelitian berjumlah 6 orang siswa yang terdiri dari 2 orang siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika tinggi, 2 orang siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika sedang, dan 2 orang siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika rendah. subjek merupakan siswa kelas VIIA (semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015). Pemilihan subjek dilakukan dengan memperhatikan hasil ujian semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 siswa. Data tentang kemampuan koneksi matematika siswa diperoleh dari hasil tes kemampuan koneksi matematika dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika tinggi memiliki kemampuan koneksi matematika yang tinggi, siswa dengan tingkat kemampuan tinggi mampu meyelesaikan permasalahan dan mengkoneksikannya dengan konsep matematika, ilmu (bidang) lain, serta kehidupan sehari-hari dengan baik. Tetapi terdapat siswa yang mengalami sedikit hambatan dalam menyelesaikan soal (2) siswa dengan tingkat kemampuan dasar matematika sedang memiliki kemampuan koneksi matematika yang sedang, Siswa dengan tingkat kemampuan sedang mampu memahami soal, tetapi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan dan mengkoneksikannya dengan konsep matematika, ilmu (bidang) lain, serta kehidupan sehari-hari. (3) siswa dengan tingkat kemampuan awal matematika rendah memiliki kemampuan koneksi matematika yang rendah, Siswa dengan tingkat kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam memahami menentukan unsur-unsur dari soal sehingga tidak dapat menyelesaikan permasalahan serta mengkoneksikannya dengan konsep matematika, ilmu (bidang) lain, serta kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:19
Last Modified: 30 Apr 2018 01:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8183

Actions (login required)

View Item View Item