Hubungan Persepsi Mahasiswa Pada Kompetensi Profesional Dosen Biologi Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNISMUH Makassar.

Andriani, Andriani (2017) Hubungan Persepsi Mahasiswa Pada Kompetensi Profesional Dosen Biologi Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNISMUH Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL Ani fix.docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran merupakan upaya untuk mencapai perubahan positif dan memperoleh hasil belajar yang baik, baik tinggi maupun rendahnya hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Persepsi sebagai salah satu faktor internal dan Motivasi belajar merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi baik atau buruknya kualitas pembalajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk (i) mengetahui persepsi mahasiswa pada kompetensi profesional dosen biologi; (ii) Untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa mahasiswa Prodi Biologi FKIP Unismuh Makassar; (iii) Untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa mahasiswa Prodi Biologi FKIP Unismuh Makassar; (iv) Untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa pada kompetensi profesional dosen biologi dengan hasil belajar mahasiswa Prodi Biologi FKIP Unismuh Makassar; (v) Untuk mengetahui hubungan motivasi belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa Prodi Biologi FKIP Unismuh Makassar; (vi) Untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa pada kompetensi profeional dosen biologi dengan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Biologi FKIP Unismuh Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian survey bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Makassar. Sampel penelitian sejumlah 145 mahasiswa dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi, teknik analisis data adalah regresi Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen biologi didominasi pada kategori persepsi mahasiswa positif; (ii) Motivasi belajar mahasiswa berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 131 dengan persentase 90.3%. (iii) Hasil belajar matakuliah Anatomi Tumbuhan mahasiswa Prodi Pend. Biologi FKIP Unismuh Makassar tergolong tinggi; (iv) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa pada kompetensi professional dosen biologi dengan hasil belajar matakuliah anatomi tumbuhan mahasiswa Prodi Pend. Biologi FKIP Unismuh Makassar; (v) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matakuliah anatomi tumbuhan mahasiswa Prodi Pend. Biologi FKIP Unismuh Makassar; dan (vi) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa pada kompetensi professional dosen biologi dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matakuliah anatomi tumbuhan mahasiswa Prodi Pend. Biologi FKIP Unismuh Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:15
Last Modified: 30 Apr 2018 01:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8181

Actions (login required)

View Item View Item