Eksplorasi Penalaran dan Komunikasi dalam pemecahan Matematika Siswa Kelas V SD Berbantuan Muhammadiyah II Berua Makassar

MUSLIHA, MUSLIHA (2016) Eksplorasi Penalaran dan Komunikasi dalam pemecahan Matematika Siswa Kelas V SD Berbantuan Muhammadiyah II Berua Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) mengeksplorasi atau menggali informasi tentang penalaran matematika pada siswa kelas V SD yang berkemampuan tinggi, sedang, maupun rendah (ii) mengeksplorasi atau menggali informasi tentang komunikasi matematika pada siswa kelas V SD yang berkemampuan tinggi, sedang, maupun rendah. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-eksploratif. Teknik pengumpulan data melalui pemberian tes penalaran dan komunikasi matematika dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang, yang dibagi dalam tiga kategori yaitu, satu orang berkemampuan tinggi, satu orang berkemampuan sedang, dan satu orang berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Penalaran matematika pada siswa kelas V SD yang berkemampuan tinggi mampu memenuhi empat indikator penalaran, berkemampuan sedang mampu memenuhi tiga indikator penalaran, dan berkemampuan rendah mampu memenuhi dua indikator penalaran (ii) komunikasi matematika pada siswa kelas V SD yang berkemampuan tinggi mampu memenuhi empat indikator komunikasi, berkemampuan sedang mampu memenuhi tiga indikator komunikasi, dan berkemampuan rendah mampu memenuhi dua indikator komunikasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi para guru untuk memperdalam pengetahuan siswa tentang materi yang diberikan agar kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa dapat terlihat. Untuk penelitian yang relevan, agar meneliti kembali eksplorasi kemampuan penalaran dan komunikasi matematika yang lebih lengkap, perlu dilakukan verifikasi dengan mengambil acuan subjek penelitian bukan hanya didasarkan pada tingkat kemampuan siswa yang berbeda melainkan juga melihat tingkat kemampuan siswa yang sama, apakah ada perbedaan kemampuan penalaran dan komunikasi matematika pada subjek yang memiliki kemampuan yang sama. Kata kunci : eksplorasi, penalaran matematika, komunikasi matematika, pemecahan masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:16
Last Modified: 30 Apr 2018 01:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item View Item