Efektivitas Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan Saintifik Ditinjau Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Watansoppeng

MARSHANAWIAH, ANDI (2017) Efektivitas Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Pendekatan Saintifik Ditinjau Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Watansoppeng. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL - ANDI MARSHANAWIAH (15B07022).docx

Download (41kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan saintifik ditinjau kemampuan pemecahan masalah matematika pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watansoppeng. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watansoppeng tahun ajaran 2016/2017 dan sampel yakni kelas VIII8 yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data keterlaksanaan pembelajaran, data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap pembelajaran.Data keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data kemampuan pemecahan masalah matematika dan respons siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan saintifik terlaksana dengan sangat baik. (2) pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan saintifik ditinjau kemampuan pemecahan masalah matematika pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watansoppeng efektif diterapkan dengan indeks keefektifan sebesar 3,51 pada gabungan siswa perempuan dan laki-laki, 3,58 pada siswa perempuan, dan 3,52 pada siswa laki-laki; ditinjau dari aspek: (a) hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan saintifik berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 90,58pada gabungan siswa perempuan dan laki-laki, 90,44 pada siswa perempuan, dan 90,97 pada siswa laki-laki. Serta rata-rata nilai gainternormalisasi berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 0,79 pada gabungan siswa perempuan dan laki-laki, 0,80 pada siswa perempuan, dan 0,78 pada siswa laki-laki. Tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 91,30% pada gabungan siswa perempuan dan laki-laki, 88,24% pada siswa perempuan, dan 100% pada siswa laki-laki. (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan saintifik berada pada kategori aktif dengan rata-rata nilai aktivitas 3,56 pada gabungan siswa perempuan dan laki-laki, 3,58 pada siswa perempuan, dan 3,54 pada siswa laki-laki. (4) Responssiswa dalam pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan saintifik berada pada kategori positif dengan rata-rata nilai respons 3,71 pada gabungan siswa perempuan dan laki-laki, 3,71 pada siswa perempuan, dan 3,71 pada siswa laki-laki. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukkan bahwa pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan saintifik ditinjau kemampuan pemecahan masalah matematika efektif diterapkan pada pembelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 1 Watansoppeng.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:08
Last Modified: 30 Apr 2018 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8176

Actions (login required)

View Item View Item