Keefektifan Menulis Cerpen Menggunakan Musik Instrumental Klasik Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Bulukumba

Tenri Ceceng, Andi (2017) Keefektifan Menulis Cerpen Menggunakan Musik Instrumental Klasik Siswa Kelas IX SMP Negeri 35 Bulukumba. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL Andi Tenri Ceceng 15B01017.docx

Download (59kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan menulis cerpen menggunakan musik instrumental klasik siswa kelas IX SMP Negeri 35 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IX SMP Negeri 35 Bulukumba yang berjumlah 50 orang. Adapun sampel penelitian ini yaitu keseluruhan populasi yang terdiri dari kelas IXA yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IXB yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja sebelum dan setelah diberikan perlakuan dalam bentuk menulis cerpen menggunakan musik instrumental klasik dan tanpa menggunakan musik instrumental klasik. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statisti inferensial, Teknis analisis data statistik yang digunakan yaitu Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen menggunakan musik instrumental klasik menunjukkan hasil yang memadai. Dari uraian hasil analisis data statistik deskriptif kelas kontrol, nilai tertinggi siswa pada pretest adalah 81 dan nilai terendah adalah 45 dengan nilai rata-rata 64,68, dan pada postest nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 91 dan nilai terendah 50 dengan nilai rata-rata 71,84. Sedangkan kelas eksperimen, nilai tertinggi siswa pada pretest adalah 83,5 dan nilai terendah 47 dengan nilai rata-rata 67,48, dan pada postest nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 94 dan nilai terendah 54 dengan nilai rata-rata 80,34. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel dengan nilai 2,388 > 1,710 maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media musik instrumental klasik efektif terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 35 Bulukumba. Berdasarkan simpulan tersebut, dapat dikemukakan beberapa saran sehubungan dengan hasil penelitian ini. Pembelajaran menulis cerpen sebaiknya menggunakan media yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan membuat siswa belajar lebih santai dengan hasil yang maksimal. Siswa diharapkan terus berlatih menulis sehingga dapat meningkatkan keterampilan yang dimilikinya, tidak hanya cerpen, tetapi karya sastra yang lain. Kata kunci: Menulis cerpen, musik instrumental klasik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:06
Last Modified: 30 Apr 2018 01:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8175

Actions (login required)

View Item View Item