Pengembangan Media Audio Visual Dalam Membaca Puisi di SD Negeri 2 Balangnipa Kabupaten Sinjai

HJ. NORMASARI, HJ. NORMASARI (2016) Pengembangan Media Audio Visual Dalam Membaca Puisi di SD Negeri 2 Balangnipa Kabupaten Sinjai. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK masalah penelitian ini adalah belum tersedianya produk media audio visual dalam membaca puisi yang dapat digunakan dalam contoh membaca puisi. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan analisis kebutuhan media audio visual dalam membaca puisi, mengetahui bentuk desain media audio visual dalam membaca puisi, mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan, dan mengetahui tingkat efektifitas media audio visual dalam membaca puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Balangnipa Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Balangnipa Kabupaten Sinjai tahun pelajaran 2015/2016 semester 2 yang berjumlah 22 orang siswa. Prosedur pengembangan mengikuti model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data adalah observasi, lembar validasi dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data lembar validasi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan siswa dan guru terhadap media audio visual menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan media pembelajaran yang kemudian diwujudkan dalam bentuk audio visual pembelajaran membaca puisi yang berisikan tiga puisi yang disenemakan. Selain itu, juga disusun buku panduan pengembangan dan penggunaan media audio visual untuk guru; bentuk desain media audio visual dalam membaca puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 2 Balangnipa Kabupaten Sinjai meluputi dua bagian, yaitu dari segi bentuk dan isi. Bentuk yang dipakai dalam media audio visual membaca puisi adalah video pembelajaran dan gambar yang dipilih adalah ilustrasi puisi dengan warna sederhana dan kasual.Media audio visual membaca puisi ini dilengkapi dengan petunjuk penggunaaan, daftar menu tayangan(storyboard) dan menghadirkan tiga jenis puisi yang dilengkapi dengan model pembaca puisi; danpenilaian terhadap media audio visual membaca puisi untuk siswa kelas Vyang meliputi modul atau panduan pembelajaran media audio visual, silabus pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, pretest dan posttest, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktifitas siswa, lembar observasi pengelolaan pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa menunjukkan bahwa kedua validator menyatakan valid, praktis, danefektif secara keseluruhan sehingga dinyatakan layak untuk digunakan dan dikembangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 00:57
Last Modified: 30 Apr 2018 00:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item