Pengembangan Media Rangkaian Listrik Mata Pelajaran Instalasi Listrik Kapal Pada Kompetensi Keahlian Nautika Kelas X Di SMK Negeri 3 Sinjai. Tesis Teknologi Pembelajaran.Administrasi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

BAHARUDDIN, BAHARUDDIN (2016) Pengembangan Media Rangkaian Listrik Mata Pelajaran Instalasi Listrik Kapal Pada Kompetensi Keahlian Nautika Kelas X Di SMK Negeri 3 Sinjai. Tesis Teknologi Pembelajaran.Administrasi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan penggunaan media dalam pembelajaran ILK sebagai analisis kebutuhan pengembangan, mendesain media rangkaian listrik kapal pada mata pelajaran ILK, mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan media rangkaian listrik yang telah dikembangkan pada mata pelajaran ILK. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Researc And Development) dengan mengikut model ADDIE dengan prosedur kerja : Analisis (Analysis), Desain (Desain), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian pakar ahli isi 1 orang ahli media 1 orang, Kepala Sekolah 1 orang, guru 10 orang, siswa 30 orang. Instrumen penelitian studi pustaka, wawancara, angket, lembar pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari tahap ujicoba, pretest 33,3% tuntas dan 66,7% tidak tuntas dan setelah dilakukan ujicoba post test dengan menggunakan media secara keseluruhan menunjukkan persentase ketuntasan belajar peserta didik dalam postest sebesar 86,7% dan persentase ketidaktuntasan sebesar 13,3%. Dengan hasil tersebut berarti peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, yakni minimal 86,7% peserta didik mencapai nilai KKM 75 di kelas X NKPI. Dengan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ILK dengan menerapkan media pembelajaran yang telah dikembangkan berhasil digunakan secara optimal oleh peserta didik yang berdampak pada capaian hasil belajarnya. Hasil penelitian juga menunjukkan capaian respon positif peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran sebesar 90,91%, menunjukkan bahwa hasil ujicoba perangkat pembelajaran ILK secara umum memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Sehingga perangkat pembelajaran yang telah diujicobakan dalam pembelajaran cocok digunakan dalam pembelajaran khususnya untuk materi Instalasi listrik kapal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Apr 2018 00:49
Last Modified: 30 Apr 2018 00:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8164

Actions (login required)

View Item View Item