Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Pemecahan Masalah Pada Materi Fluida

RAVI, AHMAD (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Pemecahan Masalah Pada Materi Fluida. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ahmad.docx

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas perangkat pembelajaran kooperatif pemecahan masalah pada materi fluida yang valid, praktis, dan efektif (2) respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran kooperatif pemecahan masalah pada materi fluida. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research Development) dengan menggunakan desain pengembangan Kemp dkk. Produk yang diinginkan adalah perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Produk tersebut terdiri atas beberapa komponen, yaitu : (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Bahan Ajar, (3) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), (4) Lembar pengamatan keterlaksanaan guru mengelola pembelajaran, dan (5) Lembar angket respon peserta didik terhadap perangkat pembelajaran. Perangkat yang dikembangkan menggunakan pembelajaran kooperatif pemecahan masalah khususnya pada pokok bahasan fluida. Uji coba perangkat dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sungguminasa kelas XI IPA-8, yang terdiri dari 55 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran kooperatif pemecahan masalah terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Lembar pengamatan keterlaksanaan guru mengelola pembelajaran, serta Lembar angket respon peserta didik memenuhi kriteria kelayakan dengan nilai reliabilitas diatas 0,75 berada pada relevansi kuat. Berdasarkan penilaian para ahli/pakar, hasil pengamatan keterlaksanaan guru mengelola pembelajaran diperoleh 3,70 dan berada pada kategori sangat baik, serta angket respon peserta didik terhadap pembelajaran dan perangkat yang digunakan terdapat 82,60% peserta didik yang memberikan respon setuju maka perangkat pembelajaran ini memenuhi kriteria kepraktisan. Perangkat pembelajaran ini memenuhi kriteria efektif karena persentase ketuntasan tes hasil belajar fisika sebesar 79,59%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2018 08:08
Last Modified: 27 Apr 2018 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8129

Actions (login required)

View Item View Item