Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Sma Negeri 1 Masamba

VONNISYE, VONNISYE (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Sma Negeri 1 Masamba. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL VONNISYE.docx

Download (44kB)

ABSTRAK Pembelajaran biologi yang menuntut peserta didik untuk banyak menghapal tidak akan menunjang pemahaman peserta didik sehingga membuat pembelajaran menjadi tidak efektif. Model pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran, peserta didik akan belajar menggunakan kemampuan berpikirnya untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 1 Masamba, (2) untuk menjelaskan pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap aktivitas belajar peserta didik SMA Negeri 1 Masamba, dan (3) untuk menjelaskan pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Masamba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Masamba. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random dan terpilihlah kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X8 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui hasil tes pilihan ganda, benar salah, dan essay. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara dekriptif dan inferensial melalui uji hipotesis (uji t). Peningkatan nilai kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik dikategorikan berdasarkan nilai indeks gain yaitu nilai >0,7 (tinggi), 0,3 – 0,7 (sedang). Dan < 0,3 (rendah). Hasil analisis data inferensial (n-gain) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik menunjukkan bahwa sig. 0,024 < 0,05 artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil analisis n-gain pada aktivitas belajar peserta didik menunjukkan sig. 0,000 < 0,05, artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap aktivitas belajar. Hasil analisis n-gain pada hasil belajar kognitif peserta didik menunjukkan sig. 0,000 < 0,05, artinya ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data menunjukkan nilai kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar, dan hasil belajar peserta didik pada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:52
Last Modified: 26 Apr 2018 03:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8119

Actions (login required)

View Item View Item