Peningkatan Keterampilan Proses Fisika Melalui Pendekatan Ilmiah Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa.

SURYANSARI, KEMALA (2016) Peningkatan Keterampilan Proses Fisika Melalui Pendekatan Ilmiah Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.doc

Download (118kB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains fisika melalui pendekatan ilmiah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Subjek penelitian sebanyak 50 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus. Siklus I mengajarkan materi pelajaran gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Siklus II mengajarkan materi hukum I Newton,hukum II Newton dan hukum III Newton. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan proses sains fisika dengan menggunakan pendekatan ilmiah maka perlu diperhatikan beberapa aspek diantaranya adalah : melatihkan indikator-indikator keterampilan proses sains fisika; menjelaskan kriteria-kriteria rubrik pemberian skor; melakukan feedback secepatnya; memberikan tugas dan tanggungjawab setiap anggota kelompok; memperhatikan tingkat kemampuan akademik peserta didik; percobaan sederhana yang tidak membutuhkan waktu terlalu lama dilakukan, dan materi pelajaran dapat diajarkan secara serentak atau paralel, sehingga waktu yang digunakan dalam mengajarkan beberapa sub bab tidak lama. Pembelajaran dengan menerapkan kegiatan ilmiah dapat meningkatkan keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:49
Last Modified: 26 Apr 2018 03:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8118

Actions (login required)

View Item View Item