Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Sub Tema Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Ekonomi Kelas VIII MTs As’adiyah No. 170 Layang Kota Makassar

YANTI, YANTI (2015) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Sub Tema Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Ekonomi Kelas VIII MTs As’adiyah No. 170 Layang Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) materi “Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Ekonomi” ; (ii) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ; (iii) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi / pengamatan, wawancara, tes dan dokumentasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS Terpadu sub tema pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi kelas VIII MTs As’adiyah No. 170 Layang Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik dalam belajar (ii) hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah berhasil dan dapat dipertanggungjawabkan (iii) prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan kemampuan belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu khususnya Ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:48
Last Modified: 26 Apr 2018 03:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8116

Actions (login required)

View Item View Item