Pengembangan Paket Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Murni Daerah Setempat Untuk kelas IX MTs Negeri 2 Makassar

ISHAN, SYAMSU (2015) Pengembangan Paket Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Murni Daerah Setempat Untuk kelas IX MTs Negeri 2 Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2. BAB I = 8 hal.docx

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket pembelajaran apresiasi seni rupa murni daerah setempat yang valid, praktis, dan efektif. Paket ini terdiri atas komponen; (1) Petunjuk untuk guru, (2) Petunjuk untuk siswa, dan (3) Buku teks materi ajar. Responden yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 33 orang, yang terdiri dari satu guru fasilitator, satu orang ahli media, satu orang ahli materi, tiga orang siswa pada uji coba satu-satu, enam orang siswa pada uji coba kelompok kecil, dan dua puluh satu orang siswa pada uji coba lapangan Instrumen pengumpulan data berupa angket untuk guru fasilitator, angket untuk ahli media, angket untuk ahli materi, angket untuk siswa, lembar tes pengamatan oleh siswa, dan lembar penilaian observasi oleh guru fasilitator. Data yang dikumpulkan dijadikan dasar untuk mengembangkan dan menguji paket. Subyek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IX3 MTs Negeri 2 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Paket pembelajaran dianggap valid berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi yang menilai paket “ bagus” dan “sangat bagus”, (2) Paket dinilai praktis berdasarkan hasil penilaian guru fasilitator terhadap paket dalam aspek pembelajaran, isi dan tampilan masuk ke dalam kriteria “sangat bagus” (3) Paket dianggap efektif berdasarkan hasil uji coba lapangan yang menunjukkan hasil penilaian siswa terhadap paket dari aspek pembelajaran, isi dan tampilan, yang mencapai nilai “sangat bagus”. Serta hasil tes uji kompetensi awal atau pre test dengan nilai rata-rata sangat kurang dan untuk post test mencapai nilai rata-rata sangat bagus ini menunjukkan peningkatan nilai yang sangat signifikan dengan tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 100%. Dengan demikian paket pembelajaran dianggap valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dikelas IX MTs Negeri 2 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:34
Last Modified: 26 Apr 2018 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8114

Actions (login required)

View Item View Item