Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas V SDN 189 Lompoloang Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo.

ARMIANTO, ARIS (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas V SDN 189 Lompoloang Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan (1) menjelaskan gambaran penggunaan perangkat pembelajaran sebagai kebutuhan pada pembelajaran IPA kelas V, (2) menjelaskan gambaran desain perangkat pembelajaran IPA berorientasi pendekatan keterampilan proses, (3) menjelaskan tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan keterampilan proses. Prosedur pengembangan mengacu pada model 4-D Thiagarajan & Semmel (1974) yang diadaptasi 3-D. Desain penelitian menggunakan kelompok tunggal dengan pretest-posttest. Tahapan validasi perangkat pembelajaran melibatkan ahli materi dan ahli desain dan media pembelajaran, dan subjek uji coba adalah peserta didik kelas V SDN 189 Lompoloang. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, modul peserta didik, LKS dan tes hasil belajar) berorientasi pendekatan keterampilan proses memenuhi kategori sangat valid. Hasil validasi instrumen kepraktisan dan keefektifan memenuhi kategori sangat valid. Hasil ujicoba perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis dan efektif. Kesimpulan penelitian ini: 1) Sangat dibutuhkan adanya perangkat pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran inovatif dan berbasis aktivitas peserta didik sehingga dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang lebih terarah dan menciptakan suasana pembelajaran bermakna bagi peserta didik. 2) Gambaran desain perangkat pembelajaran IPA berorientasi pendekatan keterampilan proses menghasilkan produk silabus, RPP, modul peserta didik, LKS dan tes hasil belajar masih bersifat hipotetik. 3) Hasil pengujian validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori sangat valid. Hasil uji coba perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:23
Last Modified: 26 Apr 2018 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8112

Actions (login required)

View Item View Item