“Hubungan inteligensi jamak (multiple intelligences) dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif siswa SMA Negeri 1 Watansoppeng ”.

LUKMAN, LUKMAN (2015) “Hubungan inteligensi jamak (multiple intelligences) dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif siswa SMA Negeri 1 Watansoppeng ”. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL LUKMAN.doc

Download (1MB)

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah: Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara inteligensi jamak (multi Intelligencess) dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Ilmu Sosial SMAN 1 Watansoppeng sebanyak 138 orang dengan jumlah sampel 102 siswa. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data adalah tes multi inteligensi dan tes hasil belajar. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi Product Moment dan analisis adjusted R2. Hasil penelitian diketahui bahwa perolehan skor rata-rata seluruh variabel termasuk dalam katagori tinggi, yaitu inteligensi logika matematika skor rata-rata 15,60, visual spasial 14,35, intrapersonal 55,69 kinestetik 53,25, serta hasil belajar Ekonomi Akuntansi dengan skor rata-rata 24,35 Uji persyaratan data penelitian diperoleh data berdistribusi normal, tidak mengandung autokorelasi dan linier. Hasil uji hipotesis 1 terbukti ada hubungan yang signifikan antara inteligensi logika matematika dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan persamaan Y=8,858+0,993X1. , kontribusi variabel sebesar 0,387 (38,7%) dan koefisien korelasi sebesar 0,622. Hipotesis 2 terbukti tidak ada hubungan signifikan antara inteligensi visual spasial dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan koefisien korelasi sebesar 0,152. Hipotesis 3 terbukti ada hubungan yang signifikan antara inteligensi intrapersonal dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan persamaan Y=16,409+0,143X3 kontribusi variabel sebesar 0,042 (4,2%) dan koefisien korelasi sebesar 0,205. Hipotesis 4 terbukti tidak ada hubungan yang signifikan antara inteligensi kinestetik dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan koefisien korelasi sebesar 0,128. Hipotesis 5 terbukti ada hubungan yang signifikan antara inteligensi logika matematika, visual spasial, intrapersonal dan kinestetik secara bersamasama dengan hasil belajar Ekonomi Akuntansi ranah kognitif dengan persamaan Y = -2, 892 + 1,002X1 + 0, 139X2 + 0, 142X3 + 0,032X4 kontribusi variabel sebesar 0,452 (45,2%) dan koefisien korelasi sebesar 0,672. Dapat disimpulkan bahwa inteligensi jamak (multi inteligences) sangat berpengaruh terhadap hasil belajar Ekonomi Akuntansi, sehingga multi inteligensi merupakan salah satu indikator dalam mencapai tujuan pembelajaran Ekonomi Akuntansi pada ranah kognitif .

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2018 03:07
Last Modified: 26 Apr 2018 03:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8109

Actions (login required)

View Item View Item